Thursday

Contoh Soal Uji Kompetensi Apoteker dan Tenaga Farmasi Edisi 88

Contoh Soal Uji Kompetensi Apoteker dan Tenaga Farmasi Edisi 88


Dibawah ini merupakan contoh soal Uji Kompetensi (UKOM) Farmasi / UKAI Edisi Ke 88 Beserta Kunci Jawabannya lengkap


Contoh Soal Uji Kompetensi Apoteker dan Tenaga Farmasi Edisi 88
soal uji kompetensi apoteker dan farmasi Indonesia

Hai teman-teman sahabat ukomfarmasi.blogspot.com semuanya, lama tidak bertemu dan berjumpa. Kali ini kita akan melanjutkan edisi edisi yang baru dengan soal-soal yang baru dan dengan semangat yang baru. Berikut kami siapkan 8 buah soal farmasi yang disertai kunci jawaban lengkap


1. Seorang pasien perempuan 50th datang ke apotek menebus resep injeksi mecobalanin. Termasuk apakah injeksi mecobalamin?

A. Obat bebas
B. Obat bebas terbatas
C. Obat keras
D. Psikotropika
E. Narkotika

Jawaban : C. Obat keras
Pembahasan :
Methylcobalamin atau mecobalamin adalah salah satu bentuk kimiadari vitamin B12 (cobalamin), yaitu vitamin larut air yang memegang peranan penting dalam pembentukan darah serta menjaga fungsi system saraf dan otak. Mecobalamin berfungsi mengobati gangguan yang diakibat kan oleh defisiensi vitamin B12, seperti pada kondisi anemia megaloblastik (contoh: anemia pernisiosa), neuropati diabetes, neuropatiperifer, dan pengobatan awal sklerosis lateral amiotrofik. Bentuknya ada yang berupa tablet maupun injeksi. (Medscape, 2016)



2. Seorang pasien laki-laki didiagnosis TB mendapatkan obat isoniazid, rifampisin, vitamin B6, pirazinamid, etambutol. Baru-baru ini didiagnosa terkena atrial fibrilasis dan mendapatkan warfarin sebagai antikoagulan. Namun, warfarin tidak berfungsi sebagai antikoagulan. Obat apakah yang menyebabkan hal tersebut?

A. Rifampisin
B. Isoniazid
C. Pirazinamid
D. Etambutol
E. Vitamin B6

Jawaban : A. Rifampisin
Pembahasan :
Interaksi serius : Rifampisin x Warfarin  Rifampisin dapat menurunkan kadar atau efek dari warfarin dengan cara mempengaruhi metabolisme enzim hepatic/ intestinal CYP3A4. (Medscape)



3. Seorang laki-laki datang ke apotek untuk membeli obat flu. Pasien mengeluhkan juga hipertensi dg tekanan sistolik yaitu 170 mmHg. Obat apa yang anda sarankan

A. Efedrin
B. Pseudoefedrin
C. Fenilefrin
D. Coricidine HBP
E. Levo-N-Etil HCl

Jawaban : D. Coricidine HBP
Pembahasan : 
Contoh Dekongestan: Efedrin, Pseudoefedrin, Fenilefrin, Fenilpropanolamin, Levo-N-Etil efedrin HCl dapat meningkatkan Tekanan Darah. Jika diluar negeri tersedia Coricidine HBP (Decongestan Free) Especially for Hypertensive Patient (Active Ingredient: CTM and Dextromethorphan HBr)



4. Seorang laki-laki 58 tahun datang ke dokter dan di resepkan obat paten amlodipin 5 mg 30 tablet dan simvastatin 20 mg 30 tablet. Pasien tidak dapat menebus obat, sebagai seorang apoteker anda menyarankan untuk mengganti obat generik berstandar. Yang membenarkan tindakan anda

a. UU 36 th 2014
b. UU 36 th 2009
c. PMK no 58 th 2014
d. PP 51 th 2009
e. PMK 35 th 2014

Jawaban : d. PP 51 th 2009
Pembahasan:
Dalam PP 51 tahun 2009, terdapat pernyataan “Dalam melakukan pekerjaan kefarmasian pada fasilitas pelayanan kefarmasian, apoteker dapat (b) mengganti obat merk dagang dengan obat generik yang sama komponen aktifnya atau obat merek dagang lain atas persetujuan dokter dan/atau pasien”.



5. Seorang wanita datang untuk menebus resep obat paten amlodipin 10 mg sejumlah 30 dan simvastatin 20 mg sejumlah 30. Karena kendala ekonomi, pasien tidak mampu membayar obat tersebut. sebagai seorang apoteker anda kemudian meberikan obat generik bermerek (OGB) kepada pasien. Tindakan yang anda lakukan di dukung oleh peraturan apa?

a. UU No. 36 tahun 2014
b. UU No. 36 tahun 2009
c. PP No. 51 tahun 2009
d. PMK No. 58 tahun 2014
e. PMK No. 36 tahun 3014

Jawaban : c. PP No. 51 tahun 2009
Pembahasan:
Dalam PP 51 tahun 2009, terdapat pernyataan “Dalam melakukan pekerjaan kefarmasian pada fasilitas pelayanan kefarmasian, apoteker dapat (b) mengganti obat merk dagang dengan obat generik yang sama komponen aktifnya atau obat merek dagang lain atas persetujuan dokter dan/atau pasien”.



6. Seorang pasien datang untuk menebus resep obat ....... (cara pemakaian tablet bukal). informasi apa yang perlu anda sampaika kepada pasien?

a. Tablet diletakkan di bawah lidah
b. Tablet ditelan dengan air
c. Tablet dikunyah dengan cepat
d. Tablet diletakkan diantara pipi dan gusi
e. Tablet dilarutkan dengan air

Jawaban : d. Tablet diletakkan diantara pipi dan gusi
Pembahasan :
Note : Tablet yang diletakkan dibawah lidah disebut Sublingual



7. Seorang laki2 datang kapotek menyerahkn resep untuk anakny yg berumur 6 tahun.
R/ OBH fls I
Adde
Kodein sulfat 15 mg
S 3 dd 1 cth.
Diketahui dosis maksimum kodein sulfat 40 mg.
Berapa dosis kodein untuk sekali minum?

A. 8
B. 9,6
C. 10
D. 12
E. 20

Jawaban : E. 20
Pembahasan :
Dosis maksimal anak dalam DIH atau medscape itu 60 mg/sekali minum. Jadi kalau dihitung dengan rumus young:
rumus young dalam pemberian obat
rumus young dalam pemberian obat

DM anak = 6/(6+12) x 60 = 19,98 atau 20 mg / minum.




8. Seorang laki2 umur 29 thn datang ke apotek mengeluh nyeri ulu hati, mulut terasa asam dan perih perut. Obat apa yg dpt drekomendasikan apoteker apotek
A. H2 Bloker
B. Ppi
C. Antasid
D. Baygon
E. Minyak lampu

Jawaban : C. Antasid
Pembahasan
Berdasarkan Lampiran Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor : 347/MenKes/SK/VII/1990 Obat Keras yang Dapat Diserahkan Tanpa Resep Dokter Oleh Apoteker di Apotik, obat yang dapat diserahkan oleh apoteker adalah golongan H2 bloker dan antasida. Namun pembelian H2 bloker hanya untuk pasien atas dasar pengobatan ulangan dari dokter, sehinggaobat yang dapat diberikan langsung oleh apoteker yaitu golongan Antasida


Sumber : www.ukomfarmasi.blogspot.com

Demikianlah artikel yang dingkat berjudul Contoh Soal Uji Kompetensi Apoteker dan Tenaga Farmasi Edisi 88 semoga apa yang telah kami sajikan untuk teman-teman ukomfarmasi.blogspot.com semuanya bermanfaat dan semangat menuju STR. Terimakasih atas kunjunganya, terus kunjungi kami untuk belajar latihan soal-soal yang mernarik lainnya disini.


Note : Seluruh Artikel ini dilindungi DMCA.com Protection Status dan dilarang melakukan Kopi Paste tanpa Izin Dari Kami

Artikel Terkait

Berkomentar dengan baik dibawah ini
EmoticonEmoticon