Wednesday

Soal UKAI Apoteker dan Jawaban pdf Edisi 99

Soal UKAI Apoteker dan Jawaban pdf Edisi 99


Dibawah ini merupakan contoh soal Uji Kompetensi (UKOM) Farmasi / UKAI Edisi Ke 99 Beserta Kunci Jawabannya lengkap


Soal UKAI Apoteker dan Jawaban pdf Edisi 99
Soal UKAI Apoteker dan Jawaban pdf

Semangat pagi teman-teman sahabat ukomfarmasi.blogspot.com semuanya, Seperti biasanya kita akan terus genjot latihan soal-soal Uji Kompetensi Apoteker dan Farmasi Teknis untuk teman-teman semuanya. Berikut telah kami siapkan 7 contoh soal disertai kunci jawabannya. Selamat belajar yaa teman-teman


1. Seorang wanita (37 tahun) datang ke apotek. Pasien mengeluh sakit  dan kaku pada pergelangan tangan dan kaki serta lututnya, terutama pada pagi hari. Selain itu pasien merasa lelah akhir-akhir ini dan berat badannya menurun.Pasien juga mengeluh pilek dan flu.Pasien mengakui memiliki penyakit ginjal. Sebagai apoteker yang profesional, obat apakah yang Saudara pilihkan untuk pasien tersebut?

A. Ibuprofen
B. Kalium diklofenak
C. Kombinasi rituximab dan methotrexate
D. Paracetamol

Jawaban : C. Kombinasi rituximab dan methotrexate



2. Pasien laki-laki (56 tahun) datang ke apoteker dengan keluhan batuk kering semenjak mengkonsumsi obat. Pasien adalah penderita hipertensi stage II dan sedang menjalani terapi kombinasi obat antihipertensi mulai sejak seminggu yang lalu. Saudara memperkirakan pasien mengalami batuk kering akibat salah satu efek samping obat dari yang dikonsumsinya. Obat antihipertensi manakah yang menyebabkan efek samping tersebut?

A. Furosemid
B. Captopril
C. Losartan
D. Atenolol

Jawaban : B. Captopril



3. Seorang pasien wanita, umur 45 tahun dengan tinggi 157 cm datang ke sebuah apotek ingin membeli obat flu. Apoteker lalu menanyakan riwayat penyakit pasien tersebut. Pasien itu mengatakan bahwa dia menderita hipertensi, kadang tensinya 170/90 mmHg. Dan apoteker tersebut memberitahukan bahwa obat flu tersebut tidak bisa dikonsumsi bagi pasien hipertensi. Namun pasien tersebut tetap ingin membelinya dengan alasan obat tersebut cocok untuk dirinya. Kandungan apa yang terdapat dalam obat flu yang dapat memicu terjadinya stroke hemoragik/perdarahan pada wanita?

A. Fenilpropanolamin
B. Paracetamol
C. Codein
D. Pseudoefedrin

Jawaban : A. Fenilpropanolamin



4. Seorang wanita berumur 20 tahun dengan berat badan 70 kg masuk ke RS dengan keluhan polifagi, polidipsi dan poliuria, dengan indeks massa tubuh 33,95 dan tekanan darah 159/99 mmHg. Obat yang diberikan oleh dokter adalah Metformin, Glargin injeksi, Captopril, dan Tiazid. Apakah obat  yang tidak tepat diberikan pada pasien di atas?

A. Tiazid
B. Metfomin
C. Captopril

Jawaban : A. Tiazid



5. Seorang perempuan dewasa pergi ke apotek dengan membawa resep untuk menebus obat dexamethason 0,5 Mg 2x1 untuk mengobati asma kroniknya. Ketika apoteker akan menyerahkan obat tersebut diberitahukan bahwa efek samping obat tersebut adalah moonface. Bagaimana mekanisme terjadinya efek samping tersebut ?
A. Meretensi natrium dan air
B. Mensekresikan natrium dan air
C. Menginhibisi fungsi adrenokortikal
D. Mempenetrasi natrium dan air
E. Menginduksi fungsi adrenokortikal

Jawaban : D. Mempenetrasi natrium dan air



6. Seorang wanita dewasa datang ke apotek mengeluh tidak bisa buang air besar selama 2 hari, apoteker memberikan bisakodil bagaimana mekanisme kerja obat tersebut?

A. Melunakkan konsistensi feses danMeningkatkan peristaltic usus
B. Proses osmosis menarik air dan Retensi terhadap ion natrium
C. Mengembangkan massa feses
D. Pilihan A dan C benar
E. Pilihan A, B dan C benar

Jawaban : E. Pilihan A, B dan C benar



7. Seorang laki-laki (58 tahun) datang ke apoteker dengan keluhan nyeri dada hebat disertai nyeri di daerah lengan. Diketahui pasien mengalami riwayat penyakit jantung dan hipertensi.Keluhan dialami sejak pasien mengkonsumsi obat-obat anti hipertensi. Menurut anda, obat antihipertensi apa yang menyebabkan pasien mengalami keluhan di atas?

A. ACE Inhibitor
B. Diuretik
C. CCB
D. Β-bloker

Jawaban : C. CCB



Okeh cukup sekian dulu pertemuan dan perjumpaan kita kali ini yang membahas latihan soal Apoteker dengan judul yaitu Soal UKAI Apoteker dan Jawaban pdf Edisi 99. Semoga apa yang kami sajikan dan sampaikan diatas tersebut dapat bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Sampai jumpa lagi teman-teman.


Note : Seluruh Artikel ini dilindungi DMCA.com Protection Status dan dilarang melakukan Kopi Paste tanpa Izin Dari Kami

Artikel Terkait

Berkomentar dengan baik dibawah ini
EmoticonEmoticon