Friday

Contoh Soal UKOM Farmakologi Obat dan Kunci Jawaban Part 101

Contoh Soal UKOM Farmakologi Obat dan Kunci Jawaban Part 101


Dibawah ini merupakan contoh soal Uji Kompetensi (UKOM) Farmasi / UKAI Edisi Ke 101 Beserta Kunci Jawabannya lengkap


Contoh Soal UKOM Farmakologi Obat dan Kunci Jawaban Part 101
Contoh Soal UKOM Farmakologi Obat dan Kunci Jawaban

Hei teman-teman semuanya, kita lanjut untk latihan soal-soal UKOM Farmasi dan Apoteker yook. Berikut ini kami siapkan untuk teman-teman soal farmaklogi obat disertai Kunci Jawaban. Selamat belajar ya teman-teman


1. Seorang wanita berusia 35 tahun datang ke apotek anda dengan menegeluhkan mengalami nyeri ulu hati/lambung ketika mengkonsumsi obat nyeri yaitu asam mafenamat. Pasien mengakatakan bahwa ia juga mengalami ruam merah disertai gatal pada kulit ketika mengonsumsi obat AINS tersebut.

Sebagai apoteker, tindakan apa yang saudara lakukan?

A. Menyarankan mengonsumsi antialergi
B. Menyarankan mengonsumsi antasida
C. Memberikan KIE pada pasien untuk mengonsumsi obat nyeri setelah makan, menyarankan obat nyeri lain (Ibu profen) serta memberikan obat Cetirizine
D. Memberikan obat antialergi
E. Mengganti obat nyeri

Jawaban : C. Memberikan KIE pada pasien untuk mengonsumsi obat nyeri setelah makan, menyarankan obat nyeri lain (Ibu profen) serta memberikan obat Cetirizine



2. Seorang wanita hamil trisemester kedua berusia 36 tahun dengan tinggi badan 160 cm dan berat badan 77 kg datang ke klinik dengan keluhan pusing dan lemas. Sejak kehamilannya, pasien mengaku mengalami pertambahan bobot badan hingga 20 kg. Ayah pasien adalah penderita DM tipe II. Setelah dilakukan pemeriksaan diperoleh hasil (TD =145/80 mmHg, GDS= 270 mg/dL, GDP=135 mg/dL, TTGO= 255 mg/dL, HbA1C= 7,5%). Pasien mengaku telah melakukan program diet dan mengatur asupan makanannya selama ini. Untuk pasien tersebut diinginkan pengobatan antidiabetik.

Sebagai apoteker obat apa yang anda rekomendasikan?

A. Insulin
B. Metformin
C. Akarbose
D. Rosiglitazon
E. Repaglinid

Jawaban : B. Metformin



3. Amir adalah seorang supir bus yang berusia 49 tahun, Ia mengeluh sakit tenggorokan, dan batuk disertai selesma sejak 12 hari yang lalu. Bersinnya sudah hilang tapi batuknya belum redah dan sangat menyiksa terutama malam hari. Ia juga perokok berat yang menututnya terlalu susah untuk berhenti. Pada amnesis dan pemeriksaan lanjutannya hanya ditemukan tanda radang tenggorokan.

Apakah obat pilihan pertama untuk batuk kering pasien?

A. Bromheksin
B. Antihistamin
C. Codein
D. Dextrometorfan
E. Difenhidramin

Jawaban : C. Codein



4. Seorang wanita usia 30 tahun datang ke apotek dengan keluhan mudah lelah, muka pucat, lemas, sakit kepala, dan tidak mampu berdiri terlalu lama. Pasien adalah penderita TB dan sedang menjalani terapi kombinasi dosis tetap antituberkulosis sejak 2 bulan lalu yaitu, 2(HRZES) Kategori 2 antara lain : tablet Isoniazid @300mg, kaplet Rifampisin @450mg, tablet Pirazinamid @500mg, tablet Etambutol @250mg, dan vial Streptomisin @1,5g. Anda memperkirakan pasien mengalami gangguan hematologi (anemia) akibat salah satu obat yang dikonsumsinya.

Obat manakah yang menyebabkan efek samping tersebut ?

A. Etambutol
B. Rifampisin
C. Pirazinamid
D. Isoniazid

Jawaban : D. Isoniazid



5. Seorang pasien wanita berumur 27 tahun dibawa ke UGD Rumah Sakit X. Pasien tersebut mengalami muntah, mual, keringat berlebih, lesu, kehilangan nafsu makan, dan diare. Berdasarkan keterangan keluarganya, didapati bungkus Paracetamol kosong sebanyak 4 strip di dalam kamar pasien. Diagnose dokter menyebutkan bahwa pasien keracunan Paracetamol.

Apakah antidotum yang paling tepat untuk mengatasi keracunan Paracetamol pasien tersebut?

A. Norit
B. Asetilsistein
C. Sorbitol
D. Natrium Bikarbonat
E. Pektin

Jawaban : B. Asetilsistein



6. Seorang wanita 40 tahun akan mendapatkan terapi obat anti tuberculosis, ternyata diketahui bahwa dia menggunakan pil kontrasepsi oral untuk mencegah kehamilan.

Interaksi yang terjadi pada kedua jenis obat tersebut?

A. Toksisitas Rifampisin meningkat
B. Kadar hormon kontrasepsi oral meningkat
C. Kegagalan terapi tuberculosis
D. Efektivitas kontrasepsi oral
E. Tidak terjadi interaksi karena bekerja pada reseptor yang berbeda

Jawaban : D. Efektivitas kontrasepsi oral



7. Pak Adi berumur 60 tahun, datang ke Rumah Sakit melakukan pemeriksaan laboratorium. Salah satu hasil pemeriksaan yaitu pemeriksaan K + didapatkan hasil 7-8 mEq/L. Dari data yang didapatkan bapak adi berumur 60 tahun dengan riwayat penyakit hipertensi. Dimana didapatkan tekanan darah yaitu 159/95 mmHg, dan obat yang diminum ialah Captopril 25 mg 2 kali sehari. Di samping itu Pak Adi juga sering mengonsumsi pisang setelah meminum obat tersebut.

Dari uraian di atas, apakah yang terjadi ketika Captopril dikonsumsi bersama dengan pisang?

A. Hiperkalemia
B. Hipokalemia
C. Obesitas
D. Nefrotoksik

Jawaban : A. Hiperkalemia


Sumber : Kumpulan Soal Farmasi Indonesia

Demikianlah artikel soal-soal dari kami ini teman-teman dengan judul Contoh Soal UKOM Farmakologi Obat dan Kunci Jawaban Part 101. Semoga apa yang kami berikan dan sajikan diatas tersebut dapat bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Terimakasih atas kunjungannya.


Note : Seluruh Artikel ini dilindungi DMCA.com Protection Status dan dilarang melakukan Kopi Paste tanpa Izin Dari Kami

Artikel Terkait

2 comments

Berkomentar dengan baik dibawah ini
EmoticonEmoticon