Friday

Soal Farmasi Klinis Beserta Kunci Jawaban pdf Edisi 74

Soal Farmasi Klinis Beserta Kunci Jawaban pdf Edisi 74


Dibawah ini merupakan contoh soal Uji Kompetensi (UKOM) Farmasi / UKAI Edisi Ke 74 Beserta Kunci Jawabannya lengkap


Soal Farmasi Kliniks Beserta Kunci Jawaban pdf Edisi 74
soal soal farmasi klinis

Hei haloo hai hai semuanya, apa kabar teman-teman semuanya? tetap sehat dan semangat yaa untuk lanjut belajar latihan soal-soal Farmasinya disini. Dibawah ini telah kami siapkan 7 buah latihan soal mengenai farmasi klinis serta jawaban. Selamat belajar


1. Sebuah cara Penggunaan Rifampisin yang tepat adalah

Jawaban :  
Rifampisin diminum pagi hari saat perut kosong (makanan dapat mengganggu absorpsi rifampisin). Saat perut kosong ini minimal 1 jam sebelum makan. Tetapi jika mengeluh mual saat minum rifampisin pada waktu perut kosong, rifampisin dapat diminum 2 jam setelah makan.



2. Cara penggunaan INH yang tepat yaitu

Jawaban : 
Pemberiannya bersama dengan obat B6 untuk mengurangi efek samping neuropati perifer.



3. Seseorang pasien cowok dengan usia 52 tahun bernama Tn.F masuk UGD RS dengan keluhan nyeri dada kiri merambat ke pundak dan lengan kiri. Diketahui bahwa pasien menderita hyperkalemia semenjak 5 tahun lalu dan saat ini didiagnosa mengalami angina.

Terapi obat apa yang tepat diberikan pada pasien diatas:

A. Isosorbid
B. Bisoprolol
C. Nikardipin
D. Clopidogrel
E. Veramistin

Jawaban : A. Isosorbid
Rasional : Terapi yang tepat pada kondisi pasien angina diatas adalah Isosorbid



4. Seorang laki-laki sejati bernama Tn.H, berumur 53 tahun pergi ke dokter karena mengeluh batuk berdahak semenjak 3 minggu terakhir yang disertai dengan sesak nafas dan nyeri dada. Gambaran radiologik menunjukkan adanya sebuah bayangan berawan/nodular di segmen apikal dan posterior lobus atas paru dan segmen superior lobus bawah. Hasil pemeriksaan laboratorium uji BTA sputum dengan hasil positif (+). Tn.H mengatakan sebelumnya belum pernah mendapatkan pengobatan Tuberkulosis.

Menurut anda sebagai apoteker penanggung jawab, obat apakah yang tepat untuk diberikan kepada Tn.H diatas ?

a. Etambutol
b. Rifampisin dan INH
c. Rifampisin dan Pirazinamid
d. 2 HRZE dengan fase lanjutan 4 HR
e. 2 HRZES dengan fase lanjutan 5 HRE

Jawaban : b. Rifampisin dan INH



5. Seseorang pasien perempuan bernama "Ny.Uy", dengan usia 50 tahun datang ke "Apotek N" untuk menanyakan intepretasi hasil pemeriksaan data laboratorium dirinya. Hasil laboratorium menunjukan gula darah puasa (GDP) yaitu 136 mg/dL, gula darah 2 jam post prandial (GD 2 PP) 175 mg/dL, LDL 132 mg/dL, HDL 53 mg/dL, TG 212 mg/dL. Hasil pengkajian didapatkan tekanan darah (TD) = 130/80 mmHg, pasien mengeluhkan sering merasa lelah, tidak bertenaga. Sementara itu ketika dikaji riwayat nutrisi ternyata selera makan normal dan cenderung meningkat, namun berat badan turun 5 kg dalam 3 minggu terakhir.

Dari tanda dan gejala yang ada, pasien di atas mengarah pada kondisi penyakit apakah?

A. Dislipidemia
B. Hipertiroid
C. Hiperglikemia
D. Diabetes mellitus
E. Hipertensi

Jawaban : D. Diabetes mellitus
Rasional : cukup jelas, dari data didapatkan hasil laboratorium terutama GDP dan PP yang tinggi, kemudian data objektif pengkajian dari pasien juga didapatkan pasien mengeluhkan sering merasa lelah, tidak bertenaga, selera makan normal dan cenderung meningkat, namun berat badan turun 5 kg dalam 3 minggu terakhir. Dari hal tersebut dapat ditarik kesimpulan pasien mengalami DM tipe 2



6. Seseorang laki-laki dewasa danntelah matang bernama Tn.M dengan BB= 62 kg ke apotek dengan membawa resep kloramphenikol untuk pemakaian 7 hari. Dosisnya 25 mg/kg/hr. sediaan yang ada 250 mg. berapa tablet yang dibutuhkan?

A. 7
B. 20
C. 42
D. 90
E. 150

Jawaban : C. 42



7. Seseorang pasien laki-laki bernama Tn.Li, berusia 37 tahun datang ke Apotek T dengan keluhan sering mengalami kesemutan pada tangan dan kakinya. Pasien memiliki riwayat penderita TB dan saat ini sedang menjalani terapi kombinasi dosis tetap antituberkulosis sejak 2 bulan yang lalu. Saudara sebagai apoteker memperkirakan pasien mengalami neuropati perifer akibat salah satu obat yang dikonsumsi Tn.Li.

Obat manakah yang menyebabkan efek samping pada Tn.Li tersebut ?

A. Etambutol
B. Isoniazid
C. Pirazinamid
D. Rifampisin
E. Streptomisin

Jawaban : B. Isoniazid
Rasional :
Isoniazid atau INH memiliki efek samping ringan berupa tanda-tanda keracunan pada saraf tepi, kesemutan, rasa terbakar pada kaki serta nyeri otot. Efek ini dapat dikurangi dengan konsumsi vitamin B kompleiks atau piridoksin dengan dosos terendah 10 mg/hari


Sumber : Kumpulan UKOM Farmasi Indonesia

Demikianlah artikel singat dengan judul Soal Farmasi Kliniks Beserta Kunci Jawaban pdf Edisi 74, semoga apa yang telah kami sajikan tersebut bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Terimakasih atas kunjungnnya sampai berjumpa lagi pada postingan ukomfarmasi berikutya.


Note : Seluruh Artikel ini dilindungi DMCA.com Protection Status dan dilarang melakukan Kopi Paste tanpa Izin Dari Kami

Artikel Terkait

Berkomentar dengan baik dibawah ini
EmoticonEmoticon