Friday

Contoh Soal UKAI Farmasi dan Jawaban pdf Part 105

Contoh Soal UKAI Farmasi dan Jawaban pdf Part 105


Dibawah ini merupakan contoh soal Uji Kompetensi (UKOM) Farmasi / UKAI Edisi Ke 105 Beserta Kunci Jawabannya lengkap


Contoh Soal UKAI Farmasi dan Jawaban pdf Part 105
Contoh Soal UKAI Farmasi dan Jawaban pdf

Hai teman-teman sahabat ukomfarmasi.blogspot.com semuanya, berikut ini telah kami siapkan untuk teman-teman semuanya latihan soal-soal dari UKAI Apoterk & Farmasi Indonesia. Ayo ajak teman-teman lainnya belajar latihan soal-soal dari blog ini. Selamat belajar yaa


1. Dalam mengatur suhu dan kelembaban di ruangan pabrik dengan menggunakan AHU (air handling unit). Apa nama bagian dari AHU yang mengatur suhu dan kelembaban tersebut ?

A. Cooling coil
B. Dumper
C. Blower
D. Filter
E. Ductus

Jawaban : A. Cooling coil
Pembahasan:
Pada dasarnya AHU terdiri dari :
  1. Cooling coil (sering di sebut juga Evaporator) Berfungsi untuk mengontrol suhu dan kelembaban relat f udara yang didistribusikan ke ruang produksi. Di maksudkan agar dihasilkan output udara, sesuai spesifikasi ruangan yang telah di tetapkan. Prosesnya terjadi dengan mengalirkan udara yang berasal dari campuran udara balik dan udara luar melalui kisi-kisi operator yang bersuhu rendah. Proses ini menyebabkan terjadinya kontak antara udara dan permukaan kisi evaporator sehingga akan menghasilkan udara dengan suhu yang lebih rendah dan uap air mengalami kondensasi. Hal ini menyebabkan kelembaban udara yang keluar juga berkurang.
  2. Blower Berfungsi untuk menggerakkan udara di sepanjang sistem distribusi udara yang terhubung dengannya. Blower yang di gunakan dalam AHU berupa blower radial yang terhubung dengan motor penggerak blower. Energi gerak yang di hasilkan oleh motor ini selalu menghasilkan frekuensi yang tetap, hingga selalu akan menghasilkan output udara dengan debit yang tetap.
  3. Filter Berfungsi untuk mengendalikan dan mengontrol jumlah partikel dan mikroorganisme yang mengkontaminasi. Biasanya ditempatkan di dalam rumah filter (Filter House) yang di desain sedemikian rupa supaya mudah di bersihkan dan atau di ganti. Beberapa jenis filter untuk AHU : - Pre-filter (efisiensi penyaringan 35%) - Medium filter(efisiensi penyaringan 95%) - High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter (efisiensi 99,997%)
  4. ductus Berfungsi sebagai saluran tertutup tempat mengalirnya udara. Terdiri dari saluran udara yang masuk (ducting supply) dan saluran udara yang keluar dari ruangan produksi dan kembali ke AHU (ducting return). Ducting didesain sedemikian rupa agar bisa mendistribusikan udara ke seluruh ruangan dan terdapat insulator di sekelilingnya yang berfungsi sebagai penahan penetrasi panas dari udara luar.
  5. Dumper Merupakan bagian dari ducting AHU berfungsi untuk mengatur jumlah udara yang dipindahkan ke dalam ruangan produksi. Berguna untuk mengatur besarnya debit udara yang sesuai dengan ukuran ruangan.



2. Suatu zat Z memiliki kelarutan yang baik tetapi permeabilitasnya buruk. Termasuk ke dalam BCS (biopharmaceutical classification system) kelas berapa ?

A. I
B. II
C. III
D. IV
E. V

Jawaban : C. III
Pembahasan: 
  • BCS kelas I : Permeabilitas baik, Kelarutan baik
  • BCS kelas II : Permeabilitas baik, kelarutan buruk
  • BCS kelas III : permeabilitas buruk, kelarutan baik
  • BCS kelas IV : Permeabilitas buruk, kelarutan buruk



3. Sebuah apotik mengalami pemindahan lokasi. Untuk dapat melayani resep seperti biasa dan resep seperti diazepam, maka hal utama yang harus dilakukan oleh pihak apotik adalah

A. Membuat surat pemindahan tempat
B. Membuat laporan ke dinas provinsi
C. Mengurus SIPA
D. Mengurus STRA
E. Mengurus SIKA

Jawaban : A. Membuat surat pemindahan tempat
Pembahasan:
Apotek yang melakukan perubahan alamat di lokasi yang sama atau perubahan alamat dan pindah lokasi, perubahan Apoteker pemegang SIA, atau nama Apotek, wajib mengajukan permohonan perubahan izin kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. (Permenkes no 9 tahun 2017 Tentang Apotek)



4. Dalam membuat surat pesanan table codein dibutuhkan surat pesanan narkotika. Berapa rangkap surat pesanan tersebut menurut PMK nomer 3 tahun 2015

A. 1 rangkap
B. 2 rangkap
C. 3 rangkap
D. 4 rangkap
E. 5 rangkap

Jawaban : C. 3 rangkap
Pembahasan:
  • Satu surat pesanan hanya berlaku untuk satu jenis Narkotika. (Pasal 9 ayat 3)
  • Surat Pesanan dibuat sekurang-kurangnya 3 (tiga) rangkap. (Lampiran)



5. Seorang laki-laki tidak sadarkan diri dibawa ke UGD. Pasien memiliki penyakit diabetes melitus tipe 2 dan sebelumnya habis mengkonsumsi obat antidiabetes kemudian melakukan jogging. GDA pasien 30 mg/dL. Pertolongan apa yang diberikan ke pasien tersebut?

a. Infus dekstrosa 40%
b. Infus dekstrosa 5%
c. Infus NS
d. Infus RL
e. NACL

Jawaban : a. Infus dekstrosa 40%



6. Seorang apoteker baru membuat SIPA padahal telah memiliki STRA dua tahun yang lalu.
Berama lama masa berlakunya SIPA yang baru dibuat tersebut ?
A. 1 tahun
B. 2 tahun
C. 3 tahun
D. 4 tahun
E. 5 tahun

Jawaban : C. 3 tahun
Pembahasan: Permenkes no 889 tahun 2011 Pasal 6 : STRA dan STRTTK berlaku selama 5 (lima) tahun dan dapat diregistrasi ulang selama memenuhi persyaratan



7. Seorang wanita datang ke dokter dengan keluhan daerah vagina sering keluar cairan kental berwarna putih, berbau amis, dan terasa gatal. Dokter mendiagnosa pasien tersebut terkena penyakit trikomoniasis. Terapi apa yang menjadi pilihan untuk penyakit tersebut?

A. Mikostatin
B. Nistatin
C. Eritromisin
D. Metronidazol
E. Amoksisilin

Jawaban : D. Metronidazol
Pembahasan :
Trichomoniasis Has been used intravaginally as an adjunct to oral metronidazole fo treatmentof trichomoniasis caused by Trichomonas vaginalisin selected cases (e.g., refractory infections) (AHFS)


Sumber : Kumpulan Soal Farmasi Indonesia

Demikaianlah teman-teman artikel kami dengan judul Contoh Soal UKAI Farmasi dan Jawaban pdf Part 105. Semoga apa yang telah kami berikan dan sajikan khusus untuk teman-teman semuanya bermanfaat dan ayo pantau dan pelajari terus latihan soal-soal Farmasi dari blog ini. Terimakasih telah berkunjung disini.


Note : Seluruh Artikel ini dilindungi DMCA.com Protection Status dan dilarang melakukan Kopi Paste tanpa Izin Dari Kami

Artikel Terkait

Berkomentar dengan baik dibawah ini
EmoticonEmoticon